Selasa, 06 Januari 2009

Saat-Saat Tepat untuk USG

Jika Anda Merencanakan kehamilan:
Saat yang tepat untuk melakukan USG adalah pada hari ke 12 atau ke 13 setelah menstruasi pertama. Pada umumnya perempuan pada hari tersebut berada pada masa subur. Pada saat tersebut sangat baik untuk mengevaluasi organ-organ reproduksi interna seperti anatomi rahim, ketebalan endometrium, anatomi ovarium dan kematangan sel telur. Jika ada sel telur yang dominan dokter akan mengukurnya. Dengan mengetahui ukuran sel telur dapat ditentukan saat yang tepat untuk 'berhubungan'.

Sumber: dr. Yuyun Lisnawati, Sp.OG

Jika Anda Hamil:
Pada masa kehamilan dikenal 'two stage ultrasound'. Disarankan Anda tidak melewatkan dua tahap ini. Tahap pertama adalah 'early pregnancy scan' dilakukan pada minggu ke 8-12 usia kehamilan. Tahap kedua adalah 'the 20 week anomaly scan' dilakukan pada minggu ke 18-22 usia kehamilan.

Sumber: dr. Steven Mandang, Sp.OG

JIka Anda ingin USG 3D/4D:
Sekadar mengintip bayi Anda sebelum lahir tidak ada salahnya jika anda melakukan USG 3D/4D. Saat yang tepat untuk melakukan USG 3D/4D adalah pada rentang usia kehamilan 20-30 minggu. Namun pada usia kehamilan 28 minggu pada umumnya memberikan hasil yang optimum. Pada usia tersebut diharapkan masih cukup ruang bagi janin untuk bergerak, air ketuban cukup dan organ-organ janin telah terbentuk sempurna. Perlu juga disadari bahwa tingkat keberhasilan USG 3D/4D dipengaruhi oleh banyak faktor. Seperti ketebalan kulit ibu, posisi janin, keruh tidaknya air ketuban, banyak sedikitnya air ketuban, keahlian operator dan kemampuan alat yang digunakan.

Sumber: dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar